Pemograman

08.55 xanny 0 Comments


Pemrograman PHP

 

APA dan MENGAPA PHP?

PHP, 'PHP: Hypertext Preprocessor', merupakan bahasa pemrograman web dinamis layaknya ASP, JSP, Perl dan sebagainya. Lalu mengapa harus menggunakan bahasa pemrograman, apa HTML saja tidak cukup ? Ya, tentu saja HTML tidak cukup, salah satunya adalah karena sifat HTML yang statis. HTML hanya berguna untuk desain, saat kita browsing, maka yang kita lihat itu sebenarnya adalah interprestasi dari HTML. Sebagai contoh saat kita menggunakan YahooMail untuk mengirim email, maka tampilan yang dapat kita lihat tersebut merupakan interprestasi dari HTML, sedangkan
untuk dapat mengirim email, digunakan bahasa pemrograman web seperti PHP.

Catatan:
Disini kita anggap HTML statis, sedang PHP dinamis. Sebelumnya kita harus menyamakan persepsi mengenai dinamis disini, yang dimaksud dinamis disini bukannya web yang dapat gerak-gerak, tetapi dinamis berarti web yang dapat diubah-ubah tanpa mengubah langsung kedalam file webnya.
PHP akhir-akhir ini semakin populer, jutaan web didunia menggunakannya, hal ini disebabkan oleh berbagai keunggulan PHP, diantaranya kemudahannya untuk dipelajari, gratis, kecepatan yang dapat diandalkan, dan sebagainya.


PHP HELLO WORLD

Kode PHP dapat disatukan dengan kode HTML sehingga mempermudah pemrogram dalam pengerjaan web. Sekarang kita akan membuat halaman php pertama kita.

<html>
<head>
<title>Hello World</title>
</head>
<body>
<?
echo "Hai ini Script PHP ku yang pertama";
?>
</body>
</html>


Ketik dan simpan script diatas dengan nama hello.php pada folder htdocs apache anda. Panggil script php anda menggunakan browser dengan url : http://localhost/hello.php

Dari script diatas dapat kita ketahui bahwa script php diawali tengan tanda <? dan diakhiri dengan ?> , tanda tersebut untuk memisahkan antara script php dan script html. Script yang berada didalam tanda <? dan ?> akan dieksekusi sebagai script php.
Echo, di PHP berfungsi untuk menuliskan sesuatu ke browser. Saat hello.php kita browse dan dilihat sourcecode-nya maka akan tempil seperti dibawah ini:

<html>
<head>
<title>Hello World</title>
</head>
<body>
Hai ini Script PHP ku yang pertama
</body>
</html>


Hal ini berarti bahwa user yang mem-browse script php hanya akan melihat scriptnya sebagai script html, sedangkan script php-nya tidak terlihat.
Berbeda dengan HTML, script PHP membedakan antara huruf besar dan huruf kecil, karenanya kita harus berhati-hati dalam penulisan script PHP.

0 komentar: